Moto2 Pengganti GP250 ( Part 2, final )

Moto vs Gp250 vs WSS

Gelaran Moto2, kelas pengganti Gp 250 kini sudah memulai test pra musimnya, mulai tanggal 1 s/d 3 Maret 2010. Sebanyak 40 rider moto2 unjuk gigi danjuga unjuk kebolehan, buat jadiyang tercepat di sirkuit Valencia, Spanyol. Rider, Gresini Racing Team—Toni Elias—menjadi yang tercepat dalam sesi test hari pertama, dengan catatan waktu 1’37.530. Disusul oleh Julian Simon dengan selisih 0.022 detik dari Toni Elias. Posisi ketiga, diduduki oleh debutan baru, dari Amerika Serikat, yakni Kenny Noyes dari tim Jack&Jones.

Elias

Elias yang bukan Pical!!

Mesin Moto2 ‘made in Honda’ secara resmi telah didistribusikan, kepada para tim peserta moto2. Bukan tanpa cacat memang, mesin berbasis Honda CBR 600RR ini sempat menjadi buah bibir, di beberapa pihak. Apa sih yang jadi buah bibir? Tiada lain dan bukan ialah soal tenaga. Mesin yang ternyata bukan aseli racikan Honda, melainkan racikan perusahaan Geo Technology, hanya bisa menghasilkan tenaga sebesar 125bhp. Tenaga tersebut berkurang 30bhp dari target yang semula telah ditetapkan. Dengan kata lain, mesin moto2 ini, tenaganya kurang 20-25bhp, jika dibandingkan dengan tenaga motor World Supersport (WSS). Hal ini dilakukan oleh Geo Technology—selaku tunner—untuk mengejar daya tahan mesin. Mari kita bayangkan, mesin motor WSS harus dibangun ulang tiap 500km sekali, sedangkan mesin moto2 dibangun ulang tiap 1500km sekali, irit bukan? Benar-benar balap murah, asal bukan murahan sih.

Mesin Moto2 600cc

Dampak berkurangnya tenaga di pacuan moto2, ialah bertambahnya waktu tempuh per putarannya. Mari kita lihat perbandingannya, catatan best lap motor Gp250 di Valencia tahun 2009 ialah 1’36.116, dicetak oleh Alex Debon. Sedangkan waktu yang ditorehkan oleh Toni Elias adalah 1’37.530. Moto2 molor sekitar 1.414 detik dari catatan waktu Gp250. Sedangkan catatan waktu terbaik motor WSS di sirkuit Valencia ialah 1’36.865, dicatat oleh Carl Crutchlow. Motor moto2 ketinggalan sekitar 0.251 detik dari motor WSS. Optimisme untuk melihat motor moto2 lebih cepat dari Gp250 atau bahkan dari WSS masih ada, mengingat ini masih test pra musim. Dimana para tim dan mekanik masih meraba-raba settingan sasis, suspensi dan ban yang cocok. Hal pasti yang dapat ditawarkan oleh moto2 adalah ramainya peserta, dan yang lebih pastinya lagi, yaitu aksi salip menyalip. Bisa bayangin gak, apa yang bakalan terjadi di tikungan R1, dengan jumlah peserta 40 dan dengan laju yang beda-beda tipis?? Seru, yuk ah pantengin kelas moto2 2010.

~ oleh enamdelapan pada Maret 2, 2010.

Tinggalkan komentar